Call/SMS : 085748137959 / 085731266561

Call/SMS : 085748137959 / 085731266561

Istirahat Dulu Yuuk, .....

Pembalut Anion Surabaya - Pekerjaan di kantor yang menggunung sering membuat orang melewatkan makan siangnya. Bahkan, banyak diantara mereka yang makan siang di meja kerjanya. Mereka seakan tidak memberikan waktu bagi tubuh dan pikirannya untuk beristirahat.
"Banyak pekerja yang bekerja berjam-jam tanpa istirahat, makan pun sambil kerja di depan komputer. Mereka tak memikirkan efek buruknya terhadap kesehatan," ujar pemerhati kesehatan asal Inggris, Annya Stephens-Boal, seperti dilansir mirror.co.uk, pada Desember 2012.
Annya memperingatkan bahwa tubuh dan pikiran yang bekerja lebih dari 10 jam tanpa istirahat dapat meningkatkan risiko pembekuan darah. Peringatan ini cukup serius karena gumpalan darah sangat rentan memicu kematian dini.
"Yang paling menakutkan adalah sebanyak 80 persen pekerja tidak menyadari tanda-tanda sama sekali. Kami menyebutnya sebagai 'silent killer', lanjutnya.
Bukan hanya itu, kebiasaan makan dalam kondisi tak tenang atau stres akan membuat enzim-enzim pencernaan tidak bisa bekerja baik. Karenanya, luangkan waktu 10 menit untuk menuntaskan makan, sehingga memberi kesempatan bagi enzim pencernaan bekerja dengan baik. Minimal 20 menit setelahnya gunakan untuk merelakskan tubuh dan pikiran, sehingga sirkulasi darah tak terganggu.

Sementara, Lois P. Frankel, Ph.D selaku presiden sebuah biro konsultasi terkemuka di California juga menekankan perlunya istirahat dalam bekerja. “Anda tidak perlu jadi pahlawan yang melewatkan waktu istirahat dengan alasan menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk. Bekerja tanpa istirahat, memberikan kesan bahwa Anda bermasalah atau tidak efisien. Seakan-akan, Anda penuh dengan beban kerja dan tidak tahu cara menanganinya,” tuturnya.
So, waktu istirahat memang perlu dinikmati. Di samping bisa dipergunakan untuk mengisi ‘bahan bakar’, ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan waktu istirahat makan siang secara efektif. Enjoy your lunch time:
1. Perluas Hubungan Sosial
Makan siang berama teman-teman dari unit kerja lain atau kantor lain? It’s good for your networking. Biasanya perkembangan profesi didapat dari pertemuan informal semacam ini. Karena terlalu sibuk bekerja, kadang Anda tidak punya waktu berkumpul dengan teman seprofesi atau rekan-rekan dari unit kerja atau kantor lain. Karena itu, manfaatkan waktu istirahat siang  untuk redez-vous dengan mereka.
2. Cari Angin
Terus menerus duduk di depan computer kantor bisa membikin kepala pusing dan pinggang serasa mau putus. Lakukan penyegaran dengan berjalan-jalan di seputar kantor. Bila Anda tak suka olahraga, shopping, atau berkumpul bersama rekan-rekan kerja, maka kegiatan ini baik untuk melemaskan kaki dan otot-otot kaku Anda.
3. Shopping
Mungkin kegiatan ini yang paling Anda sukai?  Bisa membikin otak Anda kembali fresh! Anda bisa memanfaatkan waktu istirahat untuk membeli beberapa keperluan sehari-hari di mal atau supermartket. Namun, perhatikan jarak tempuh dan tingkat kemacetan dari kantor ke pusat perbelanjaan dan sebaliknya. Dan satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah ingat waktu. Karena kalau Anda terlalu asyik belanja, Anda mungkin terlambat sampai di kantor.
4. Istirahatkan Tubuh
Orang-orang sibuk, hanya perlu waktu tidur antaran 4-5 jam, padahal waktu yang paling baik untuk mengistirahatkan tubuh adalah 6-8 jam sehari. Di saat siang, kala stamina badan menurun, tidur adalah salah satu cara untuk meremajakan lagi tubuh Anda secara total. Cukup 15 menit, tubuh Anda bisa kembali bugar. Menurut Prof. Marita MacCape, psikolog dari Malbourne, tidur selama 15 menit bisa mengembalikan energi Anda ke tingkat yang sama pada pagi hari.
5. Pijat Refleksi
Model Pemijatan yang menekan titik-titik syaraf di telapak kaki ini diyakini bisa mengembalikan kesegaran tubuh Anda. Cukup dengan 45 menit, tubuh dan pikiran Anda akan segar kembali setelah melakukan pemijatan ala cina ini. Apalagi ditambah aromaterapi, hal ini akan membuat pikiran Anda rileks dan tenang. Dengan cara ini, terkadang solusi atas permasalah kerja bisa muncul begitu saja dari alam bawah sadar Anda.
6. Bertemu Pasangan
Buatlah janji makan siang dengan pasangan (tentu jika jarak kantor Anda dan kantornya berdekatan). Manfaatkan waktu makanan kesukaan Anda berdua, di tempat makan favorit Anda berdua. Mendengar suaranya yang menenangkan itu saja sudah membuat beban pikiran menjadi ringan, apalagi makan siang bersamanya. Pasti sangat menyenangkan. Anda mungkin bisa kembali ke kantor dengan ide-ide segar dan brilian.