Call/SMS : 085748137959 / 085731266561

Call/SMS : 085748137959 / 085731266561

Penyebab Pusing Saat Bangun Tidur

Pembalut Anion Surabaya -Anda mungkin sering mengalami pusing sesaat setelah bangun tidur. Biasanya kepala pusing sesaat setelah bangun tidur bukanlah masalah serius dan akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa menit saja. Kondisi ini sering disebut juga presyncope, atau pusing yang tidak sampai menyebabkan hilangnya kesadaran. Namun anda juga perlu hati-hati karena pusing juga bisa dipicu oleh gangguan yang lebih serius. Berikut ini beberapa penyebabnya, seperti yang dikutip dari detikhealth, (24/08) berikut ini.
1. Vertigo, merupakan adalah gejala pusing yang terjadi karena koordinasi saraf dan otak melemah. Penyebabnya cukup beragam seperti infeksi telinga bagian dalam, atau lainnya. Dibandingkan jenis pusing yang lain, pusing karena vertigo biasanya paling parah.
2. Tekanan darah rendah, saat tekanan darah turun secara mendadak - misalnya saat bergerak sangat cepat atau terbangun dari tidur secara tiba-tiba - biasanya diiringi dengan gejala pusing. Tekanan darah rendah ini bisa juga karena gangguan jantung, misalnya aritmia atau kondisi denyut jantung yang tidak teratur.
3. Efek samping obat, beberapa jenis obat memiliki efek samping yang tidak diinginkan berupa rasa pusing. Obat peluruh kencing, pereda nyeri, penenang dan antikejang dapat menimbulkan efek samping pusing-pusing terutama di pagi hari.
4. Gelisah, mampu membuat napas jadi lebih cepat yang menyebabkan keseimbangan kadar oksigen dan karbondioksida terganggu lalu pembuluh arteri menyempit dan terjadilah pusing.
5. Gerakan cepat atau mendadak, perubahan posisi yang terjadi sangat mendadak seperti saat berolahraga juga bisa menyebabkan kepala pusing, kondisi ini juga sering saat sedang naik roller coaster.